Rabu, 10 Desember 2008

GARIS-GARIS BESAR HALUAN ORGANISASISI

GARIS-GARIS BESAR HALUAN ORGANISASISI
FORUM LEMBAGA MAHASISWA PERINDUSTRIAN INDONESI
PERIODE 2008-2009


I. PENDAHULUAN
Dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Mahasiswa telah menunjukan peranan yang sangat besar keterlibatannya secara langsung dalam proses memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia. Sejak masa perjuang sampai dengan saat ini, mahasiswa terus terlibat secara aktif untuk mengisi kemerdekaan dalam upaya mewujudkan cita-cita nasional yaitu masyarakat adil dan makmur, yang dicapai melalui serangkaian kegiatan pembangunan nasional yang dilaksanakan sebagai pengamalan Pancasila dan UUD 1945. Eksistensi dan wujud peran aktif mahasiswa tersebut senantiasa diperbaharui, sekaligus ditingkatkan sejalan dengan kemajuan zaman.
Melalui wadah Forum Lembaga Mahasiswa Perindustrian Indonesia (FLMPI) sebagai organisasi mahasiswa yang berada dibawah naungan Departemen Perindustrian RI bertekad menyatukan visi dan misi guna mewujudkan peranan dalam proses pembangunan bangsa yang berkelanjutan denagn didasari oleh nilai-nilai kemanusiaan dan keadilan.
Maka dengan ini perlu adanya Garis-Garis Besar Haluan Organisasi yang kemudian dianggap sangat penting guna dijadikan sebagai referensi yang bersifat umum dan menjadi pedoman dasar bagi kelangsungan organisasi Forum Lembaga Mahasiswa Perindustrian Indonesia (FLMPI).

II. PENGERTIAN, MAKSUD DAN TUJUAN
2.1. PENGERTIAN
Garis-garis Besar Haluan Organisasi Forum Lembaga Mahasiswa Perindustrian Indonesia (FLMPI) adalah acuan yang bersifat umum dan menjadi pedoman dasar bagi perumusan pelaksanaan program-program dan kegiatan-kegiatan kepengurusan Forum Lembaga Mahasiswa Perindustrian Indonesia (FLMPI) selama 1 (satu) periode tahun kepengurusan.

2.2. MAKSUD
Garis-garis Besar Haluan Organisasi Forum Lembaga Mahasiswa Indonesia (FLMPI) dirumuskan dengtan maksud untuk menjamin terarahnya pengembangan dan peningkatan guna kesinambungan organisasi.

2.3. TUJUAN
Tujuan Garis-garis Besar Haluan Organisasi Forum Lembaga Mahasiswa Perindustrian Perindustrian Indonesia (FLMPI) adalah untuk mewujudkan kondisi yang diinginkan agar secara bertahap Forum Lembaga Mahasiswa Indonesia (FLMPI) dapat mencapai tujuan yang diatur Anggaran Dasar / Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) melalui rangkaian kerja tahunan.

III. LANDASAN
Landasan GBHO FLMPI adalah:
Anggaran Dasar / Anggran Rumah Tangga (AD/ART) Forum Lembaga Mahasiswa Perindustrian Indonesia (FLMPI).

IV. ARAH DAN STRATEGI
4.1. ARAH
4.1.1. Pengembangan dan peningkatan potensi anggota Forum Lembaga Mahasiswa Perindustrian Indonesia (FLMPI) dalam rangka :
Memberi nilai tambah pada aspek pengetahuan dan ketrampilan, sehingga mampu mengaktualisasi, sekaligus mampu menjawab berbagai permasalahan yang berkembang dan mendorong mahasiswa untuk berperan aktif, kritis dan konstruktif serta berkontribusi dalam menentukan corak dan wujud masa depannya dalam kerangka tujuan organisasi.

4.1.2. Sejalan dengan pemikiran diatas maka Garis-garis Besar Haluan Organisasi Forum Lembaga Mahasiswa Perindustrian Indonesia (FLMPI) diarahkan pada:
Pemantapan keberadaan dan peran Forum Lembaga Mahasiswa Perindustrian Indonesia (FLMPI), sehingga tercapai kemampuan yang optimal dalam melaksanakan tugas-tugas pengembangan organisasi serta mampu mengakomodir, mengemban, dan menyalurkan aspirasi dan kepentingan mahasiswa perindustrian Indonesia.


4.2. STRATEGI
Berdasarkan arah maka strategi pelaksanaan Garis-garis Besar Haluan Organisasi Forum Lembaga Mahasiswa Perindustrian Indonesia (FLMPI) disusun sebagai berikut:
1.Strategi Jangka Panjang
Strategi jangka panjang meliputi upaya-upaya sebagai berikut:
Peningkatan keberanian moral, konsistensi dan kemampuan Forum Lembaga Mahasiswa Perindustrian Indonesia (FLMPI) dalam mengartikulasikan kepentingan dan aspirasi serta peran mahasiswa perindustrian Indonesia secara menyeluruh.

2.Strategi jangka pendek
Strategi jangka pendek sesungguhnya merupakan rangkaian untuk mewujudkan srategi jangka panjang dengan menitikberatkan pada kondisi organisasi pada era pengembangan organisasi jangka panjang, yang meliputi upaya-upaya sebagai berikut:
Memantapkan fungsi dan keberadaan Forum Lembaga Mahasiswa Perindustrian Indonesia (FLMPI) sebagai wadah berhimpunan mahasiswa perindustrian Indonesia dalam wadah pemersatu anggota dalam rangka mengoptimalkan segenap peran.


V. RUANG LINGKUP
Selaras dengan keberadaan Forum Lembaga Mahasiswa Perindustrian Indonesia (FLMPI) sebagai wadah berhimpunannya mahasiswa perindustrian Indonesia.
Mahasiswa sebagai insan akademis dituntut tanggung jawabnya untuk mampu berkembang dan lahir sebagai pembaharu dan pengontrol demi kemajuan bangsa dan negara.
Pemantapan dan pengembangan jati diri serta peningkatan kualitas kepemimpinan anggota Forum Lembaga Mahasiswa Perindustrian Indonesia (FLMPI) yang dijiwai oleh wawasan pengetahuan yang tinggi, sikap kritis, konstruktif, solutif, dan pembudayaan sikap disiplin terhadap norma dan aturan yang berlaku.

VI. PENUTUP
Garis-garis Besar Haluan Organisasi ini merupakan awal dari strategi organisasi yang akan mengantarkan anggota Forum Lembaga Mahasiswa Perindustrian Indonesia (FLMPI) memasuki proses kesinambungan organisasi.
Sehubungan dengan itu, maka seluruh anggota Forum Lembaga Mahasiswa Indonesia Perindustrian (FLMPI) perlu menyusun program kerja yang merupakan penjabaran GARIS-GARIS BESAR PROGRAM KERJA (GBPK) sesuai kemampuan, kebutuhan, dan karakteristik organisasi.

Tidak ada komentar: