Rabu, 10 Desember 2008

GARIS-GARIS BESAR PROGRAM KERJA

GARIS-GARIS BESAR PROGRAM KERJA
FORUM LEMBAGA MAHASISWA PERINDUSTRIAN INDONESIA
PERIODE 2006-2007

I. PENDAHULUAN
Eksistensi dan kemajuan Negara sangat ditentukan oleh partisipasi Industri sebab Industri merupakan komponen utama persaingan global. Forum Lembaga Mahasiswa Perindustrian Indonesia (FLMPI) sebagai forum yang mewakili mahasiswa di bawah naungan Departemen Perindustrian (DEPERIN) RI, merupakan wadah koordinasi kegiatan mahasiswa perindustrian Indonesia harus diarahkan untuk lebih berorientasi pada pengembangan sikap ilmiah dan keahlian bagi para mahasiswa FLMPI dituntut untuk mampu memberikan konstribusi positif dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya di bidang Industri dalam kaitannya memecahkan permasalahan selama ini.
Forum Lembaga Mahasiswa Perindustrian Indonesia (FLMPI) dalam rangka mencapai tujuan memiliki bentuk kegiatan antara lain kegiatan pengembangan organisasi, kegiatan pengembangan ilmu pengetahuan dan pengabdian masyarakat. Sesuai dengan tujuan Forum Lembaga Mahasiswa Perindustrian Indonesia (FLMPI) maka kegiatan yang dilaksanakan mengacu pada peningkatan kualitas anggota. Diharapkan kegiatan yang dilaksanakan secara langsung maupun tidak langsung dapat memberikan sumbangan pemikiran dari mahasiswa sebagai insan akademis bagi bangsa dan negara ini.
Garis-garis Besar Program Kerja (GBPK) akan menjadi rujukan dan arahan dalam pengembangan organisasi dan kegiatan Forum Lembaga Mahasiswa Perindustrian Indonesia (FLMPI)
Dalam menjalankan kinerja kepengurusan untuk mencapai tujuan organisasi serta memberikan andil bagi bangsa dan negara.

II. VISI DAN MISI
Visi Forum Lembaga Mahasiswa Perindustrian Indonesia (FLMPI) membangun jaringan kerjasama untuk mewujudkan mahasiswa perindustrian yang berwawasan ilmu pengetahuan dan teknologi serta masyarakat adil dan makmur yang diridhoi Tuhan Yang Maha Esa.
Misi Forum Lembaga Mahasiswa Perindustrian Indonesia (FLMPI) yaitu :
1. Menjalin kerjasama dan mempererat silaturahmi Mahasiswa Perindustrian Indonesia.
2. Peningkatan peran Forum Lembaga Mahasiswa Perindustrian Indonesia (FLMPI), dengan menjadikan keberadaan organisasi di kalangan industri, pemerintah, dan masyarakat umum.

III. SASARAN
1. Input untuk perkembangan institusi dan industri nasional.
2. Peningkatan peran Forum Lembaga Mahasiswa Perindustrian Indonesia (FLMPI) agar menjadi organisasi profesi di tingkat mahasiswa dengan menjadikan organisasi bermanfaat di kalangan anggota pemerintah dan industri.
3. Pengembangan sikap ilmiah dan sikap keahlian melalui kegiatan dan tradisi ilmiah dalam bidang IPTEK agar mampu berperan aktif dalampembangunan industri nasional.
4. Pengembangan organisasi sebagai wadah koordinasi kegiatan dan forum komunikasi untuk mewujudkan partisipasi mahasiswa dalam pengabdian masyarakat dan kalangan industri.



IV. GARIS-GARIS BESAR PROGRAM KERJA
1. Memiliki dan meningkatkan bargaining position yang kuat.
2. Riset dan teknologi
a. Mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan dalam upaya transfer informasi teknologi khususnya di bidang industri.
b. Mengupayakan terciptanya suatu wahana yang dapat mendorong penerapan ilmu bidang industri secara inovatif, kreatif,dan aplikatif.

3. Pengabdian Masyarakat
Melakukan pengkajian dan penyikapan serta menindaklanjuti kondisi sosial dan lingkungan yang berkaitan dengan dunia industri.
4. Hubungan Antar Lembaga
a. Kerjasama dengan lembaga lembaga pemerintahan, BUMN, maupun swasta serta organisasi profesi lainnya dalam rangka pencapaian tujuan organisasi.
b. Mengupayakan dan mempertahankan kerjasama yang terjalin dalam mengimplementasikan dalam suatu kegiatan nyata yang dapat dirasakan secara langsung oleh anggota.
5. Pendidikan dan Keprofesian
a. Mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk ikut serta (bersama-sama dengan jurusan yang terkait), memajukan dan menyempurnakan wahana keilmuan di perguruan tinggi dalam rangka mempersiapkan lulusan perindustrian yang memiliki pola berfikir yang luas tentang keprofesian di bidang industri.
b. Mengevaluasi dan mendokumentasikan serta mengupayakan adanya transfer informasi di bidang keprofesian yang berhubungan dengan bidang industri.
c. Merumuskan kerjasama Forum Lembaga Mahasiswa Perindustrian Indonesia (FLMPI) dengan lembaga-lembaga yang bergerak dalam bidang keprofesian yang berhubungan dengan bidang industri.
6. Kesekretariatan dan Organisasi
a. Penertiban administrasi keorganisasian dan inventaris agenda rutin kegiatan anggota.
b. Mengadakan pertemuan berkala dan Musyawarah Nasional (MUNAS)
c. Menyusun dan mengkoordinasikan sistem sosialisasi organisasi Forum Lembaga Mahasiswa Perindustrian Indonesia (FLMPI).
7. Sistem Keuangan Organisasi
a. Mengatur dan melaksanakan administrasi keuangan Forum Lembaga Mahasiswa Perindustrian Indonesia (FLMPI).
b. Merealisasikan sumber dana dari subsidi Departemen Perindustrian RI, usaha-usaha sah dan halal serta tidak mengikat.
c. Mengelola dan mengalokasikan dana yang ada untuk usaha-usaha pengembangan Forum Lembaga Mahasiswa Perindustrian Indonesia (FLMPI) sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Tidak ada komentar: